YouTube Blog

Senin, 31 Oktober 2011

Pengertian (arti) makanan tradisional

Makanan tradisional adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan citarasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut. Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat, aneka pangan tradisional, seperti tempe, tahu, bawang putih, madu, temulawak, gado-gado, kacang hijau, ikan laut, ikan darat dll. Karena disamping khasiat, makanan tradisional Indonesia juga mengandung segi positip yang lain seperti: Bahan-bahan yang alami, bergizi tinggi, sehat dan aman, murah dan mudah didapat, sesuai dengan selera masyarakat sehingga diyakini punya potensi yang baik sebagai makanan

Makanan tradisional Indonesia adalah segala jenis makanan olahan asli Indonesia, khas daerah setempat, mulai dari makanan lengkap, selingan dan minuman, yang cukup kandungan gizi, serta biasa dikonsumsi oleh masyarakat daerah tersebut

dengan beragam dan bervariasinya bahan dasar, maka dapat dihasilkan bermacam-macam jenis makanan tradisional yang sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang lezat dan gizi seimbang. Demikian juga cara pengolahannya dilakukan dengan beragam dan bervariasi seperti: Dengan membakar/memanggang, pengasapan, pemepesan, pengukusan, menggoreng dan menumis.

makanan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh kebiasaan makan masyarakat dan menyatu di dalam sistim social budaya berbagai golongan etnik di daerah-daerah. Makanan tersebut disukai , karena rasa, tekstur dan aromanya sesuai dengan seleranya. Demikian juga dengan kebiasaan makan khas daerah umumnya tidak mudah berubah, walaupun anggota etnik bersangkutan pindah ke daerah lain.



Contoh masakan tradisional salah satunya


Saus Kacang 2 cangkir
2 kentang-kupas dan potong dadu
2 wortel-memanjang
20 buncis-ujungnya dipangkas
¼ kepala kembang kol-pecah menjadi kuntum kecil
2 cangkir irisan kol
2 cangkir tauge
4 butir telur-rebus, dikupas dan dipotong menjadi empat

SIAPKAN saus kacang. SEMENTARA itu mendidih saus, membawa panci besar air asinringan mendidih. Masukkan kentang dan masak selama 3 menit. ADD wortel, kacang hijau dan kembang kol dan didihkan selama 4 menit. Masukkan kubis dan tauge dan didihkan selama 2 menit. DRAIN sayuran dan bilas dengan air dingin untuk menyegarkan.ATUR jumlah yang sama dari masing-masing sayur di piring, hiasi dengan perempattelur, dan gerimis dengan saus kacang untuk melayani.

Tips: Biarkan air untuk kembali ke mendidih setelah menambahkan sayuran masing-masing untuk memastikan mereka dimasak sesuai dengan waktu yang dialokasikan.


1 komentar: